PEMBUATAN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAJEMEN PADA JAYA MANDIRI OPTIK SUBANG


Abstract
Jaya Mandiri Optik Subang merupakan toko yang menangani transaksi penjualan dan pembelian. Jaya Mandiri Optik Subang masih menggunakan sistem manual, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh data yang diinginkan. Karena itu di butuhkan pembuatan sistem customer relationship manajemen untuk mencatat segala transaksi dan kegiatan di toko secara otomatis, agar data yang dibutuhkan oleh pemilik toko lebih cepat, tepat dan akurat. Pembuatan sistem customer relationship manajemen dimulai dari penelitian, pengamatan terhadap sistem yang ada di Jaya Mandiri Oprik Subang, kemudian dari data yang ada dibuatkan perancangan untuk sistem customer relationship manajemen yang akan dibutuhkan oleh toko. Sistem customer relationship manajemen yang akan di buat merupakan gabungan dari proses penjualan, pembelian dan pencatatan. Proses penjualan terdiri dari penjualan barang dan pengecekan stok barang, sedangkan untuk proses pembelian terdiri dari pembelian barang kepada supplier. Pencatatan meliputi pembuatan laporan penjualan, laporan pembelian. Aplikasi pembuatan sistem customer relationship manajemen ini di buat menggunakan software Microsoft Visual basic 6 dan MySql sebagai databasenya. Aplikasi ini sudah memenuhi kebutuhan sistem yang dibutuhkan namun masih ada kelemahan yang perlu lebih diperbaiki dan dikembangkan namun diharapkan dapat membantu proses pencatatan dan pembuatan lebih mudah dan cepat.
Keywords: Sistem Customer Relationship Manajemen, Penjualan, Pembelian dan LaporanCITATIONS
PDF Downloads
Metrics
References
Amin Widjaja Tunggal, 2008. Dasar – Dasar Customer Relationship Management (CRM). Jakarta: Harvindo.
Caesar, 2009. Sekilas Customer Relationship Management (CRM), Jakarta.
Gordon B. Davis, 1999. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen, Jakarta.
Jogiyanto HM, 1989. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori Praktek Aplikasi Bisnis, Yogyakarta.
Jogiyanto HM, 1999. Analisa dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta.
Jogiyanto HM, 2001. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi Offiset, Edisi ke-4, Yogyakarta.
Jogiyanto HM, 2005. Analisis Dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Pressman, Roger S.2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta : Andi.Pressman (2005:37-39)
Pressman, Roger S. 2005. Rekayasa Perangkat Lunak,Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 Jurnal Teknologi dan Komunikasi STMIK Subang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/.