PEMBUATAN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAJEMEN PADA JAYA MANDIRI OPTIK SUBANG

Authors

  • Muhammad - Faizal
  • Ratih Anggraeni Putri
This Abstract has been read 72 times

Abstract

Jaya Mandiri Optik Subang merupakan toko yang menangani transaksi penjualan dan pembelian. Jaya Mandiri Optik Subang masih menggunakan sistem manual, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh data yang diinginkan. Karena itu di butuhkan pembuatan sistem customer relationship manajemen untuk mencatat segala transaksi dan kegiatan di toko secara otomatis, agar data yang dibutuhkan oleh pemilik toko lebih cepat, tepat dan akurat. Pembuatan sistem customer relationship manajemen dimulai dari penelitian, pengamatan terhadap sistem yang ada di Jaya Mandiri Oprik Subang, kemudian dari data yang ada dibuatkan perancangan untuk sistem customer relationship manajemen yang akan dibutuhkan oleh toko. Sistem customer relationship manajemen yang akan di buat merupakan gabungan dari proses penjualan, pembelian dan pencatatan. Proses penjualan terdiri dari penjualan barang dan pengecekan stok barang, sedangkan untuk proses pembelian terdiri dari pembelian barang kepada supplier. Pencatatan meliputi pembuatan laporan penjualan, laporan pembelian. Aplikasi pembuatan sistem customer relationship manajemen ini di buat menggunakan software Microsoft Visual basic 6 dan MySql sebagai databasenya. Aplikasi ini sudah memenuhi kebutuhan sistem yang dibutuhkan namun masih ada kelemahan yang perlu lebih diperbaiki dan dikembangkan namun diharapkan dapat membantu proses pencatatan dan pembuatan lebih mudah dan cepat. 

Keywords: Sistem Customer Relationship Manajemen, Penjualan, Pembelian dan Laporan

CITATIONS

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amin Widjaja Tunggal, 2008. Dasar – Dasar Customer Relationship Management (CRM). Jakarta: Harvindo.

Caesar, 2009. Sekilas Customer Relationship Management (CRM), Jakarta.

Gordon B. Davis, 1999. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen, Jakarta.

Jogiyanto HM, 1989. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori Praktek Aplikasi Bisnis, Yogyakarta.

Jogiyanto HM, 1999. Analisa dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta.

Jogiyanto HM, 2001. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi Offiset, Edisi ke-4, Yogyakarta.

Jogiyanto HM, 2005. Analisis Dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Pressman, Roger S.2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta : Andi.Pressman (2005:37-39)

Pressman, Roger S. 2005. Rekayasa Perangkat Lunak,Yogyakarta.

Published

2016-10-01

How to Cite

[1]
M. .-. Faizal and R. A. Putri, “PEMBUATAN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAJEMEN PADA JAYA MANDIRI OPTIK SUBANG”, JTIK, vol. 9, no. 2, pp. 64-75, Oct. 2016.

Issue

Section

Articles