SISTEM MONITORING KUALITAS AIR MINERAL BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS) MENGGUNAKAN PLATFORM NODE-RED DAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING)

Authors

https://doi.org/10.47561/a.v12i2.156
This Abstract has been read 330 times

Abstract

Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Kecenderungan penggunaan air minum oleh masyarakat semakin meningkat, salah satu penyebabnya adalah pencemaran udara yang semakin parah saat ini. Namun, sering kali masyarakat memperhatikan kualitas dan standarisasi tentang keamanan air minum isi ulang yang mereka konsumsi yang diminta oleh depot. Dengan menggunakan metode SAW kita dapat menyusun mineral udara dari depot sehingga memudahkan konsumen dalam memilah dan memilih kualitas air mineral tersebut. Dan dengan adanya IoT yang digunakan dalam sistem ini dapat meningkatkan akurasi dan kecepatan dalam pengambilan data dan kesimpulan, sehingga memberikan referensi pada konsumen untuk memilih depot air mineral yang berkualitas cepat dan tepat.Alat mengambil data dengan sensor pH, Kekeruhan, dan TDS Meter untuk mencari tingkat keasaman dan kebasaan pada udara, udara kekeruhan, dan padatan terlarut dalam udara. Kemudian data yang diperoleh dikirim melalui jaringan MQTT Broker ke platform node-red, data yang diterima di inputkan ke dalam database untuk diolah menggunakan metode SAW, hasil perhitungan metode SAW dibeli oleh sistem. alat dan sistem ini dapat diimplementasikan pada Dinas Kesehatan untuk mengimplementasikan kualitas air mineral yang dijulal oleh Depot Air Minum Isi Ulang. Kata Kunci: Arduino Uno, Internet of Things, Data Pembobotan Aditif Sederhana yang input di inputkan ke dalam database untuk diolah menggunakan metode SAW, hasil perhitungan metode SAW pembayaran oleh sistem.alat dan sistem ini dapat diimplementasikan pada Dinas Kesehatan untuk mengimplementasikan kualitas air mineral yang dijulal oleh Depot Air Minum Isi Ulang. Kata Kunci: Arduino Uno, Internet of Things, Data Pembobotan Aditif Sederhana yang input di inputkan ke dalam database untuk diolah menggunakan metode SAW, hasil perhitungan metode SAW pembayaran oleh sistem. alat dan sistem ini dapat diimplementasikan pada Dinas Kesehatan untuk mengimplementasikan kualitas air mineral yang dijulal oleh Depot Air Minum Isi Ulang.

Keywords: Arduino Uno, Internet of Things, Simple Additive Weighting

CITATIONS

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

R. Wandrivel, N. Suharti, dan Y. Lestari, Y, “Kualitas Air Minum Yang Diproduksi Depot Air Minum Isi Ulang di Kecamatan Bungus Padang Berdasarkan Persyaratan Mikrobiologi.” Jurnal Kesehatan Andalas, vol. 1, no. 3, 129-133, 2012.

N. Rosita, “Analisis Kualitas Air Minum Isi Ulang Beberapa Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) di Tangerang Selatan,” Jurnal Valensi, vol. 4, no. 2, 134-141, 2014.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (NOMOR 492/MENKES/PER/IV/2010). Persyaratan Kualitas Air Minum, 2010.

D. Sylvia, Y. Yusuf, Y., dan B. Arifin, “Penentuan Kualitas Air Minum Terhadap Parameter pH, TDS, COD, Besi, Kesadahan Total, Kandungan Bakteri E. Coli Dan Koliform Pada Beberapa Rumah Makan Di Sekitar Air Tawar Kota Padang, “ Jurnal Farnagazune, vol 1, no. 2. 14 – 21, 2014.

F. Amani, dan K. Prawiroredjo, “Alat Ukur kualitas Air Minum Dengan Parameter Ph, Suhu, Tingkat Kekeruhan, Dan Jumlah Padatan Terlarut.” Jetri, vol. 14, no. 1, 49-62, 2016.

G. A. Putera, dan Christian. D. H. F. M., “Perancangan Alat Ukur Kadar Padatan Terlarut, Kekeruhan Dan Ph Air Menggunakan Arduino Uno,” Universitas Hasanuddin, Teknik Elektro Fakultas Teknik, Makasar, Tugas Akhir, 88, 2017.

A. Siswanto, dan R. Faldana, “Sistem Monitoring Rumah Berbasis Could Computing,” Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 276-283, 2014.

Wilanto, dan A. Kurniawan, “Sejarah, Cara Kerja Dan Manfaat Internet Of Things,” Jurnal Matrix, vol. 8, no. 2, 37-41, 2018.

H. Situmorang, “Sistem Pendukung keputusan Pemilihan Calon Peserta Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten Langkat Pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tanjung Pura Dengan Menggunakan Metode Simple additive Weighting (SAW),” Jurnal TIMES , vol. IV, no.2, 24-30, 2015.

I. Sampulawa, dan D. Tumanan, “Analisis Kualitas Air Minum Isi Ulang Yang Dijual Di Kecamatan Teluk Ambon,” ARIKA, vol. 10, no. 1, 42-56, 2016.

V. Musli, and R. de Fretes. “Analisis Kesesuaian Parameter Kualitas Air Minum Dalam Kemasan Yang Dijual Di Kota Ambon Dengan Standar Nasional Indonesia (SNI),” ARIKA, vol. 10, no. 1, 57-74, 2016.

Published

2019-10-01

How to Cite

[1]
A. E. Wijaya and R. B. S. Sukarni, “SISTEM MONITORING KUALITAS AIR MINERAL BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS) MENGGUNAKAN PLATFORM NODE-RED DAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING)”, JTIK, vol. 12, no. 2, pp. 96-106, Oct. 2019.

Issue

Section

Articles