SISTEM PENYIRAMAN TANAMAN HIAS OTOMATIS DENGAN METODE C4.5 BERBASIS IOT (Internet of Things)

Authors

  • Rian Hermawan STMIK Subang
  • Andika Adji Andika Adji
https://doi.org/10.47561/a.v14i1.200
This Abstract has been read 36 times

Abstract

Tanaman merupakan tumbuhan yang dibudidayakan agar dapat diambil manfaatnya. Budidaya tanaman sendiri pada dasarnya dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Mulai dari budidaya tanaman hias, sayur mayur dan lain sebagainya. Tetapi saat ini produksi tanaman hias masih banyak yang belum menghasilkan hasil yang maksimal, dikarenakan masyarakat masih menggunakan teknologi manual dalam sistem pertanian yang digunakan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah merancang sebuah alat penyiraman tanaman hias otomatis untuk mengatasi masalah dalam penyiraman tanaman hias yang masin dilakukan secara manual dan sebagai bahan pembelajaran. Prototype ini menggunakan Arduino Uno sebagai pengontrol utama, sensor kelembaban tanah digunakan untuk membaca kadar kelembaban tanah dan digunakan sebagai saklar untuk menghidupkan pompa penyiram.

Sistem pengambilan ini mengambil data dengan sensor kelembaban tanah, kelembaban udara, dan suhu, untuk mencari kelembaban tanah, kelembaban udara dan suhu pada tanaman. Kemudian data yang diperoleh di kirim ke jaringan modul ESP8266 dan dikirim ke platform thingspeak, data yang tampil di inputkan ke dalam databse untuk diolah menggunakan metode C4.5, hasil perhitungan ke dalam database untuk diolah menggunakan metode C4.5, hasil perhitungan ditampilkan oleh sistem.

Keywords: Arduino Uno, IoT, C4.5

CITATIONS

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Yawhe, C. P., Isnawati, & Aksara, L. F. (2016). Rangcangan Bangun Prototype System Monitoring Kelembaban Tanah Melalui Sms Berdasarkan Hasil Penyiraman Tanaman "Studi Kasus Tanaman Cabai dan Tomat". teknik informatika.

Candra, J. E., & Maulana, A. (2019). Penerapan Soil moisture sensor untuk Desain System Penyiraman Tanaman Otomatis. SNISTEK.

Putra, H. A. (2018). “Pengertian dan Dasar-dasar dari Mikrokontroler”. . https://garudacyber.co.id/artikel/694-pengertian-dan-dasar-dasar-dari-mikrokontroler.

Shafiudin, S., Rohma, F. J., Prayetya, A. E., & Firmansyah, R. (2016). Pemantauan Ruang Inkubator Penetasan Telur Ayam Dengan Berbasis Telemetri Menggunakan Arduino Uno R3. Jurnal Nasional Teknik Elektro, 5(1).

Dharwiyanti, S. (2003). Pengantar Unified Modeling Language (UML). Diambil kembali dari RomiSatriaWahono.net: http://romisatriawahono.net.

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

[1]
R. Hermawan and G. Gilang, “SISTEM PENYIRAMAN TANAMAN HIAS OTOMATIS DENGAN METODE C4.5 BERBASIS IOT (Internet of Things)”, JTIK, vol. 14, no. 1, pp. 1-15, Oct. 2021.

Issue

Section

Articles