PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN BARANG MENGGUNAKAN METODE METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK OPTIMASI STRATEGI PEMASARAN

Authors

  • Odi Nurdiawan STMIK IKMI Cirebon
  • Noval Salim
This Abstract has been read 1040 times

Abstract

Perubahan prilaku konsumen terhadap perkembangan zaman, hal ini menyebabkan para pelaku usaha property berinovasi supaya bisnis yang dijalankan tetap bertahan. Dengan adanya kompetensi ini menyebabkan masalah baru yang lebih kompleks yaitu munculnya startup-startup baru yang akhirnya akan menjadi pesaing dalam dunia bisnis. Menyikapi hal tersebut di butuhkan langkah inovasi yang tepat untuk menghadapi persaingan dalam dunis bisnis. Salah satu cara inovasi dengan melakukan analisis penjualan produk untuk menghasilkan pengetahuan baru yang kemudian akan di gunakan untuk optimasi strategi pemasaran produk agar target pasar sesuai dengan yang di harapakan. Hal ini akan berpengaruh besar kepada penghasilan dan omset yang di dapat oleh perusahaan. Pendekatan yang digunakan pada paper ini ialah metode Naive Bayes Classifier. Metode ini bekerja dalam himpunana data kemudian di ekstrak menjadi pengetahuan baru yang akan di gunakan untuk optimasi strategi pemasaran. Algoritma Naive Bayes Classifier juga bekerja dalam tipe data numerik yang dapat memudahkan dalam proses analisa. Proses pada metode ini yaitu proses analisa pola data penjualan yang telah ada sebelumnya (Learning Phase) berdasarkan atribut – atribut yaitu jenis, waktu, ukuran yang di ujikan dan proses dari analisa. Paper penelitian ini menghasilkan pengetahuan baru. Selain hal tersebut dari proses analisa dengan metode Naive Bayes Classifier yaitu menghasilkan pola penjualan berdasarkan atribut-atribut yang telah di tentukan. Hasil dari proses analisa ini akan di gunakan untuk kepentingan perusahan dalam upaya optimasi strategi pemasaran. Pengetahuan baru ini juga dapat memberikan informasi penting seperti hasil prediksi minat pembeli yang dapat digunakan dalam efektivitas dan efisiensi pemasaran dan peningkatan penjualan. 

Keywords:

CITATIONS

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aprilla Dennis. (2013). Belajar Data Mining dengan RapidMiner. Innovation and Knowledge Management in Business Globalization: Theory & Practice, Vols 1 and 2, 5(4), 1–5. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Dr. Suyanto,S.T., M. S. (2017). DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI DAN KLASTERISASI DATA.

Effendi, M. R. (2015). Akurasi Data Mining Untuk Menghasilkan Pola Kelulusan Mahasiswa dengan Metode Naive Bayes, 101–106.

Ginting, S. L. B., & Trinanda, R. P. (2015). Teknik Data Mining Menggunkan Metode Bayes Classifier Untuk Optimalisasi Pencarian Pada Aplikasi Perpusatakan, 1–14.

Nusantara, B. M., Gunawan, A., & Wijaya, D. A. (2016). Srategi Pemasaran Kampung Wisata Baluwati Sebagai Destinasi Wisata Budaya di Kota Surakarta.

Rahimi, A., Sugriwan, I., & Manik, T. N. (n.d.). Optimasi Common Mode Rejection Ratio ( Cmrr ) Pada Penguat Instrumentasi, 110–118.

Saleh, A. (2015). Implementasi Metode Klasifikasi Naïve Bayes dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga. Citec Journal, 2(3), 207–217. Retrieved from ojs.amikom.ac.id/index.php/citec/article/download/375/355

Sari, M. K., Ernawati, & Wisnubhadra, I. (2015). Pembangunan Aplikasi Klasifikasi Mahasiswa Baru untuk Prediksi Hasil Studi Menggunakan Naïve Bayes Classifier. Buana Informatika, 7(April), 135–142.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Yuda Septian, N. (2013). Data Mining Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kelulusan Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Semantik 2013, 1–11.

Published

2018-04-01

How to Cite

[1]
O. Nurdiawan and N. Salim, “PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN BARANG MENGGUNAKAN METODE METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK OPTIMASI STRATEGI PEMASARAN”, JTIK, vol. 11, no. 1, pp. 84-95, Apr. 2018.

Issue

Section

Articles