APLIKASI FURNITURE 3D BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANDROID MOBILE PHONE MENGGUNAKAN UNITY 3D

Authors

  • Anderias Eko Wijaya STMIK SUBANG
  • Ujang Ahmat Hiddah
This Abstract has been read 364 times

Abstract


Augmented reality merupakan teknologi perkembangan dari virtual reality dimana kita seperti berada di dunia maya, sedangkan Augmented reality di dunia yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu yang nyata. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni animasi, komputer. dan matematika. Penerapan Augmented reality tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun Augmentedreality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan dengan menggunakan Library yang ada pada Unity dan Marker vuforia maka citra dalam berbentuk tiga dimensi akan muncul pada layar komputer berbantu kamera laptop maupun android Unity merupakan sebuah tools yang terintegrasi untuk membuat arsitektur bangunan dan simulasi. Unity tidak bisa melakukan desain atau modelling, dikarenakan unity bukan merupakan tools untuk mendesain. Banyak hal yang bisa dilakukan di unity, ada fitur audio reverb zone, particle effect, sky box untuk menambahkan langit, dan masih banyak lagi, dan juga bisa langsung edit texture dari editor seperti photoshop, 3D Max dan sebagainya. Vuforia SDK adalah Software Development Kit berbasis AR yang menggunakan layar perangkat mobile sebagai "lensa ajaib" atau kaca untuk melihat kedalam dunia Augmented dimana dunia nyata dan virtual muncul berdampingan. Aplikasi ini membuat preview kamera secara langsung pada layar smartphone untuk mewakili pandangan dari dunia fisik. 



Keywords: Augmented Reality

CITATIONS

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Masruri, M. Hilmi. 2015. Buku Pintar Android. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kalkofen, D., Sandor, C., White, S., & Schmalstieg, D. 2011. Visualization Techniques for Augmented Reality. Handbook of Augmented Reality. New York: Springer.

Ananda, T. A., Safriadi, N., & Sukamto, A. S. (2015). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Planet-Planet di Tata Surya. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), Vol.4, No.1, 139-144.

Rasjid, M., Sengkey,R., & Karouw, S. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Alat Musik Kolintang menggunakan Augmented Reality berbasis Android. E-journal Teknik Informatika,

Volume 7, No.1.

Mazharuddin S, A. & Hendrianto, D. 2012. Augmented Reality on Android Operating System-Based Device (Case Study : Mosque Finder). Jurnal Ilmiah Kursor, Vol. 6, No. 4.

Sudarwanto, S., Budianto, A., Yoannita, Y., & Yohannes, Y. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Edugame Selamatkan Hutan Indonesia Berbasis Unity 3D. STMIK GI MDP.

Fernando, M. 2013. Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. Buku AR Online:Yogyakarta.

Sood, Raghav. 2012. Pro Android Augmented Reality. New York: Apress.

Wahyudi, A. K. 2014. ARca, Pengembangan Buku Interaktif Berbasis Augmented Reality dengan Smartphone Android, JNTETI, Vol. 3, No.2.

Published

2017-04-01

How to Cite

[1]
A. E. Wijaya and U. A. Hiddah, “APLIKASI FURNITURE 3D BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANDROID MOBILE PHONE MENGGUNAKAN UNITY 3D”, JTIK, vol. 10, no. 1, pp. 61-75, Apr. 2017.

Issue

Section

Articles