SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN PENGINAPAN DIKOTA SUBANG DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)(Studi Kasus Villa Area Wisata Ciater Subang)

Authors

  • Anderias Eko Wijaya STMIK SUBANG
  • Evi Werdi Utami
This Abstract has been read 215 times

Abstract


Tingkat kedatangan wisatawan di kota Subang meningkat dari hari ke hari. Subang adalah salah satu kota yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi dan begitu banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Villa adalah salah satu yang mengambil tempat sebagai fasilitas penginapan. Kota Subang menyediakan begitu banyak villa yang tersebar di berbagai lokasi dengan berbagai tarif, dan beragam fasilitas. Untuk memudahkan calon pengunjung dalam menentukan sesuai kriteria yang diinginkan, maka diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan berbasis web, sistem ini menggunakan metode pemilihan Simple Additive Weighting (SAW) dengan pemrograman PHP dan MySQL sebagai database. Sistem pendukung keputusan ini dapat membantu dan rekomendasi pengunjung dalam memilih penginapan/villa yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan serta memberikan informasi yang diperlukan.



Keywords: Simple Additive Weighting (SAW)

CITATIONS

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Moore, J., H, M., G., Chang (1980) . Design of Decision Support Systems, Database 12 Pp 1-2.

Bonczek, R., H, Holsapple, C., W , whinston, A., B., (1980) . The envolving Roles of Models in Decision Support System, Decision Science.

Turban, E., (1995) . Decision Support System and Expert System : Management Support System, fourth edition, Prentice Hall Inc. New Jersey.

Kusumadewi., (2006) . Fuzzy Multi-Attribute Decision Making ( FUZZY MADM). Graha Ilmu. Yogyakarta.

A. Alinezhad and A. A mini, “Sensitivity analysis of simple additive weighting method (SAW): the results of change in the weight of one attribute on the final ranking of alternatives,” J. Ind. Eng., vol. 4, pp. 13–18, 2009.

Wibowo S, H, Riska Amalia, Andi Fadlun M, Kurnia Arivanty . 2009. Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Beasiswa Bank BRI Menggunakan FMADM (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI 2009)

Published

2018-04-01

How to Cite

[1]
A. E. Wijaya and E. W. Utami, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN PENGINAPAN DIKOTA SUBANG DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)(Studi Kasus Villa Area Wisata Ciater Subang)”, JTIK, vol. 11, no. 1, pp. 67-83, Apr. 2018.

Issue

Section

Articles